Pemerintahan

Diplomasi Kuliner, Budaya dan Ekonomi Indonesia di Tayangan TV Tunisia

Diplomasi Kuliner, Budaya dan Ekonomi Indonesia di Tayangan TV Tunisia
Kegiatan program TV tersebut juga dapat dilihat pada saluran media youtube Watania Replay https://youtu.be/6GEwhAqXW2E.(foto: ist)

BISNIS-YUK.COM (30/12/2020) – Program acara pagi “Sabahoukom Tounisi“ pada Stasiun TV Watania1 Tunisia tayangkan kegiatan diplomasi kuliner, budaya dan ekonomi Indonesia sebagai bagian kegiatan perayaan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Tunisia (21/12/2020). Dalam acaara tersebut, KBRI Tunis tampilan demo masak makanan Indonesia, talkshow mengenai hubungan bilateral RI – Tunisia, peragaan busana daerah, dan tari-tarian khas Indonesia.

Acara dimulai dengan chef Wisma RI melakukan demo masak sate ayam, mie goreng dan spring roll yang dipraktekkan langsung di studio ditemani chef stasiun TV tersebut. Berbagai bumbu dan bahan masakan diterangkan chef Wisma RI sambil menjelaskan dan mempraktekkan urutan memasak makanan tersebut. Praktek memasak yang enak namun sederhana untuk dapat dicoba oleh pemirsa TV.

Kemudian acara dilanjutkan dengan perbincangan (talkshow) mengenai hubungan bilateral RI – Tunisia yang menampilkan Fungsi Ekonomi KBRI Tunis didampingi penterjemah KBRI dan presenter TV memperbincangkan mengenai hubungan bilateral Indonesia – Tunisia sejak tahun 1950 hingga sekarang; hubungan bilateral budaya ekonomi dan pariwisata kedua negara; serta harapan bagi hubungan kedua negara di masa mendatang. KBRI menekankan pentingnya kedua negara untuk dapat menandatangani kesepakatan Preferential Tariff Agreement di awal tahun 2021 untuk meningkatkan volume nilai dan kegiatan perdagangan bilateral.

Tidak lupa, disela-sela talkshow tersebut ditampilkan pula 5 (lima) busana daerah Indonesia, yaitu pakaian daerah Propinsi Jawa Tengah, Lampung, Aceh, Sumatera Barat dan Yogyakarta. Pakaian daerah tersebut diperagakan secara berpasangan oleh para mahasiswa Indonesia (PPI) di Tunis. Penjelasan mengenai pakaian daerah tersebut dijelaskan pada saat talkshow.

Pada akhir acara, ditampilkan Tari Cenderawasih dari Bali yang diiringi dengan musik menghentak dengan kostum berwarna untuk menarik perhatian pemirsa TV tersebut yang sebelumnya telah disuguhi oleh tayangan tempat-tempat wisata di Indonesia. Tayangan tempat wisata Indonesia tersebut dibuat oleh TV Watania1 yang sempat mengikuti kegiatan Familiarization Trip yang diselenggarakan oleh KBRI.

Kegiatan program TV tersebut juga dapat dilihat pada saluran media youtube Watania Replay https://youtu.be/6GEwhAqXW2E. Kegiatan telah berlangsung dengan lancar yang merupakan kegiatan promosi budaya yang sangat baik dan efektif pada penghujung tahun 2020 sebagai bagian dari rangkaian perayaan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Tunisia.(KBRI Tunis/ask)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 5 =

To Top