Business

Dukung Para Pengusaha WNI di Selatan Prancis, KJRI Marseille Bentuk Forum Bincang Pengusaha

BISNIS-YUK (23/06/2020) – Hingga pertengahan tahun pandemi COVID-19 belum terlihat akan hilang dari kehidupan sehari-hari. Masyarakat dituntut untuk dapat berdamai dengan virus corona dengan senantiasa menjalankan protokol kesehatan dalam New Normal. KJRI Marseille berikan dukungan bagi para WNI di Marseille untuk terus menjalankan ekonomi dengan menyelenggarakan seminar daring “Bincang Wirausaha Indonesia di Selatan Prancis, Après le Confinement” pada Selasa (16/06/2020).

Seminar tersebut diikuti oleh kurang lebih 40 masyarakat WNI, 5 (lima) kontributor pengusaha Indonesia yang berbasis di Marseille, Ardèche, Palavas-les-Flots, hingga Toulouse, serta menghadirkan pembicara Ibu Eka Moncarré, Visit Indonesia Tourism Office (VITO) Country Manager dari Paris.

Acting Konsul Jenderal Indonesia di Marseille, Erie Noer Bawono, membuka acara dengan memaparkan perkembangan terbaru situasi COVID-19 di Prancis dan Indonesia, beliau juga mendorong diskusi untuk mengidentifikasi prospek bisnis ke depan dan eksplorasi metode pemasaran yang telah terbukti berhasil di tengah masa lockdown pandemi COVID-19 di Prancis.

Kelima wirausahawan berbagi tantangan yang dialami ketika Pemerintah Prancis menutup operasional berbagai bidang usaha dan jalur distribusi di seluruh negeri. Sugi (pemilik restoran Express Thai di Marseille) dan Iwan (pemilik restoran O Bali di Toulouse) berupaya beradaptasi dengan mengembangkan layanan pesan antar dan menggandeng aplikasi restoran seperti Uber Eats dan Deliveroo. Sementara bidang usaha lainnya seperti yang dimiliki oleh Agus (toko kerajinan Escale à Java), Yati (pemilik Toko Bu Yati) dan Susi (pemilik lokasi camping) terpaksa tutup total dan mengalami kerugian karena terputusnya konektivitas jalur distribusi dan arus wisatawan.

Dari hasil diskusi didapatkan kesepakatan untuk membuat suatu wadah untuk memperkuat jaringan antar wirausahawan Indonesia di selatan Prancis dan dapat dijadikan sebagai sarana promosi produk dan berbagai usaha yang dijalankan oleh para WNI di selatan Prancis. Selain itu, dicetuskan untuk dibuatkan grup komunikasi bagi pengusaha Indonesia se-Prancis selatan guna meningkatkan komunikasi dan pertukaran informasi dengan menggunakan salah satu media sosial. Dalam hal ini KJRI Marseille membangun platform promosi dan membuka grup media sosial sebagai forum wirausahawan Indonesia sesuai sektor usahanya.

Forum Bincang Wirausaha dapat dijadikan langkah awal untuk membina kerja sama dan gotong royong antar pelaku usaha baik di Indonesia maupun di Prancis khususnya di masa pandemi COVID-19. Seminar daring ini dapat dijadikan inspirasi bagi orang-orang Indonesia yang tinggal di luar negeri untuk semakin produktif serta untuk memberi semangat kepada para pengusaha Indonesia agar terus mengembangkan usahanya dan menggunakan cara pemasaran yang tepat.**

Sumber: KJRI Marseille

Editor: Askur

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 14 =

To Top